WELCOME TO THE ABSTRACT WORLD *drumroll*

Senin, 03 Oktober 2011

Sesulit Apakah Memahami Diri Sendiri dan Orang Lain ?

Guys.. kalian pasti sering berfikir bahwa kalian adalah satu-satunya orang yang dapat memahami diri sendiri dan tidak jarang juga kalian berfikir bahwa kalian dapat memahami diri orang-orang yang berada disekeliling kalian, ambillah sahabat kalian sebagai contoh.

Mungkin kita pernah mengeluarkan kata "iya.. gue ngerti ko perasaan lo!" coba kalian analisis kembali kata kata tersebut. and the question are.. apa benar kita memiliki rasa empati yang sangat baik sehingga kita bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain?? apa iya kita benar-benar mengerti perasaan orang tersebut?? Guys.. kalian harus tahu, perasaan bukanlah sebuah buku yang dapat dibaca kemudian dipahami dengan mudah. perasaan adalah sekumpulan dari pengalaman hidup, emosi, situasi, kondisi dan lainnya yang sudah pasti setiap orang memilikinya secara individual dan unik. jangan sekali kali kita merasa dapat memahami seseorang sedangkan kita sendiri pun masih belum dapat memahami diri kita sendiri.

Aku pribadi pun mengakui kesulitan dalam memahami diriku sendiri. dalam usia ku yang masih tergolong setengah dewasa, aku terkadang labil. Tapi bagiku lebih mudah memahami orang lain dibandingkan aku harus memahami diriku sendiri. mengapa? dulu aku tak punya jawaban atas pertanyaan ini tapi sekarang aku mengerti. Guys.. tanpa kita sadari seiring kita memahami orang lain dari situ pula kita belajar untuk memahami diri kita sendiri. setiap orang memiliki satu tipe emosi yang sama hanya saja cara setiap orang mengeluarkan emosi tersebut yang beraneka ragam. setiap hari kita melihat jutaan emosi dari manusia yang begitu banyak dan beraneka ragam yang dapat kita jadikan cerminan untuk diri kita sendiri dalam memahami siapa kita sebenarnya.

jadi, cara mudah untuk memahami diri sendiri yaitu cobalah untuk memahami orang lain dengan cara jadikan itu sebagai cermin dari diri kita sendiri. semakin sering kita berinteraksi dengan orang lain dan beusaha memahami dirinya maka semakin mudah kita memahami diri sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar