Makalah
Perencanaan Usaha
(soft
skill Kewirausahaan)
Nama :
Nina Agustyaningtyas
Kelas :
2DF02
NPM :
55212330
UNIVERSITAS
GUNADARMA
PTA –
2013 / 2014
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dengan
semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat
terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka saya
berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan
kebutuhan masyarakat.Perusahaan Bisnis Distro ini berdiri atas keinginan saya
yang memiliki hobi dan kegemaran dalam bidang fashion.
Makalah
ini berisi beberapa informasi tentang perencanaan bisnis yang dapat dilakukan
bagi yang ingin membuat usaha baru dalam bentuk toko baju (distro) yang saya
harapkan dapat memberikan informasi kepada para pembaca tentang perencanaan
bisnis toko baju (distro).
1.2 Business Plan
Perusahaan
saya bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka
pakaian serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera
masyarakat khususnya untuk kaum remaja. Sebelum saya menjalankan perusahaan yang
saya rencanakan ini, maka saya harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan
pemasaran, perusahaan saya akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami
melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para
pembeli/konsumen.
BAB
II
ANALISIS
USAHA
2.1 Prespektif Masa
Depan Usaha
Dengan
terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam
hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka saya yakin
usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di
kalangan masyarakat.
2.2 Analisis Persaingan
Berdasarkan
pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang saya
dirikan usaha distro ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja
pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
2.3 Segmentasi Pasar
yang akan dimasuki
Distro
yang saya dirikan membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian
harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya saya akan membuka
usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat
masyarakat merasa puas dengan layanan saya dan senantiasa kembali ke tempat
saya. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung
kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha
distro lainnya. Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat
dipenuhi dari distro , akan tetapi dengan semakin tinggi populasi
rakyat, maka kemampuan distro untuk memenuhi kebutuhanmasyarakat semakin
rendah. Hal ini mendorong saya untuk melakukan pelayanan yang baik dan
dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
BAB
III
DESKRIPSI USAHA
3.1 Produk yang
dihasilkan
Semakin
tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga
menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang
semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk
atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
·
Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan
konsumen,
·
Bermacam-macam bentuk dan
ukurannya dengan style yang uptodate
·
Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah
luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan
produk:
Sebagai kebutuhan
sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat. Selain itu, produk yang
kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :Harga terjangkau
oleh kemampuan konsumen, kualitas produk terjamin sesuai dengan selera
masyarakat
BAB
IV
RENCANA
PRODUKSI
4.1. Proses
Produksi
Pada tahap awal pekerja
saya akan membuat beberapa desain produk seperti baju, celana, dan aksesoris. Untuk
tahap berikutnya desain-desain yang telah dibuat akan diproduksi menjadi sebuah
produk jadi sesuai dengan desain. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas,
saya membutuhkan beberapa fasilitas antara lain mesin sablon, dan mesin jahit.
4.2. Sumber-sumber
Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber
bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan
yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak
yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai
pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
BAB
V
RENCANA
PEMASARAN
5.1. Penetapan
Harga
Harga yang akan dikenakan
adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah
memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya saya tetapkan sebagai harga awal
berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk
selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
>
Rp. 89.000,-
|
2
|
Kaos
|
>
Rp. 90.000,-
|
3
|
Jeans
|
> Rp. 180.900,-
|
4
|
Gaun
|
> Rp. 235.800,-
|
5
|
Kerudung
|
>
Rp. 69.900,-
|
6
|
Rok
|
> Rp. 109.900,-
|
7
|
Jaket
|
> Rp. 199.900,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp. 24.500,- s.d Rp.
78.900,-
|
5.2. Pelaksanaan
Distribusi
Distribusi yang
dilakukan perusahaan saya yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati
konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
yang sebanyak-bantaknya.
5.3. Strategi
Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan saya
jalankan pada perusahaan ini antara lain :
·
Membuat pamphlet-pamflet berisi produk –
produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
·
Melakukan iklan-iklan di dunia internet
baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
·
Membuat catalog-katalog mengenai fashion
yang sedang uptodate di distro
BAB
VI
PERENCANAAN
PERMODALAN
6.1. Sumber-sumber
permodalan
Sebagai sumber awal
mula pendirian Distro yaitu dari pemilik distro sendiri. Sebagai investasinya
untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
Adapun dana yang
dibutuhkan adalah sebagai berikut :
- Pembelian
Kios Rp.
45.000.000,-
- Perlengkapan
dan peralatan toko Rp.
55.000.000,-
- Bahan
Produksi Rp.
25.000.000,-
- Dan
lain-lain
Rp. 35.000.000,- +
Total Rp. 160.000.000,-
BAB
VII
RENCANA
ORGANISASI
1.
Pemilik usaha bertugas untuk memantau
jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
2.
Sekretaris bertugas untuk membuat
surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
3.
Bendahara bertugas untuk membuat laporan
keuangan setiap bulannya.
4.
Penanggung jawab bertugas untuk
bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan
bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani
pelanggan.
5.
Karyawan bertugas melayani para
pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.
BAB
VIII
RISIKO
8.1. Evaluasi
tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
·
Bertanggung jawab, disiplin
kerja, kreatif dan inovatif
·
Dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan
·
Memberikan pelayanan terbaik
terhadap pelanggan
·
Menjual produk yang berkualitas
|
Weaknes (Kelemahan)
·
Persaingan pasar dengan
perusahaan yang berskala nasional
·
Berubahnya kondisi perekonomian
|
Oportunity
(Peluang) : Dengan tetap menjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin saya
dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional
yang akan muncul di kemudian hari.
|
Threaty (Ancaman) :
Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi
perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
|
BAB
IX
KESIMPULAN
Dalam
pembuatan perencanaan bisnis toko baju (distro) harus memperhatikan hal-hal
penting. Sebelum membuat perencanaan bisnis toko baju (distro) harus terlebih
dahulu menganalisa kondisi lingkungan bisnis antara lain yaitu lingkungan
ekonomi, lingkungan industri, lingkungan global karena dengan mengetahui
kondisi dari lingkungan, kita dapat mengetahui kelebihan, kekurangan,
kesempatan, maupun hambatan dari usaha yang akan kita bangun.
Setelah
kita mengetahui kondisi lingkungan, kita harus membuat rencana manajemen yaitu
merancang struktur organisasi, menentukan proses produksi serta membuat
perencanaan mengenai pengelolaan pegawai. Karena dengan perencanaan manajemen,
perusahaan dapat menentukan job description para pegawai demi
terciptanya keefektifan dan keefisienan lingkungan kerja.
Tidak
kalah penting dengan pembuatan rencana manajemen, pembuatan rencana pemasaran
pun menjadi salah satu faktor penting yang dibutuhkan dalam melakukan
perencanaan bisnis toko baju (distro). Hal terakhir yang harus dilakukan adalah
membuat perencanaan keuangan karena banyak sekali perusahaan yang gulung tikar
akibat tidak membuat perencanaan keuangan dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar