WELCOME TO THE ABSTRACT WORLD *drumroll*

Senin, 28 Oktober 2013



Pengembangan Makalah Rencana Usaha
Tugas ini disusun untuk memenuhi tugas kewirausahaan yang diberi oleh
Ibu Tanti Aftrianti Dewi
Nama   : Nina Agustyaningtyas
Npm    : 55212330
Kelas   : 2DF02

BAB I
Latar Belakang Perusahaan
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka saya berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.Perusahaan Bisnis Distro ini berdiri atas keinginan saya yang memiliki hobi dan kegemaran dalam bidang fashion.
Cloopy Distro bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai aneka pakaian  serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat khususnya untuk kaum remaja.

Visi & Misi Perusahaan
Visi
Menjadikan Cloopy Distro sebagai distro ternama
Misi
a. menyediakan pakaian sesuai trend masa kini dengan harga terjangkau
b. menciptakan inovasi dan kreasi melalui design pakaian yang dibuat sendiri

Moto Perusahaan
“Trendy, unik dan terjangkau”

BAB II


Identifikasi Usaha
Nama Usaha                : Cloopy Distro
Pemilik Usaha             : Nina A
Alamat Usaha             : Komplek Ruko Mutiara Gading Timur no 77
Contact Person            : 0852-8001-4847

Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha yang saya rintis merupakan bisnis kecil. Namun, usaha ini sangat menjanjikan karena Cloopy Distro selain menyediakan berbagai macam pakaian yang up to date, juga dengan harga untuk kalangan masyarakat menengah kebawah.

Struktur Organisasi
Usaha ini saya dirikan dengan modal sendiri. Keuntungan dan kerugiannya akan dipertanggung jawabkan bersama dengan partner. Dalam pelaksanaan dibantu oleh orang seperti dibidang manajemen, produksi, pemasaran dan keuangan.
Tingkat Pendidikan
Jumlah
Bagian/Departemen
Jumlah
SD
MANAJEMEN
1
SMP
PRODUKSI
1
SMA
4
PEMASARAN
1
D3 / SARJANA
KEUANGAN
1

Klasifikasi Organisasi
·         CEO (Direktur Utama)
Mengontrol, memonitoring semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan.
·         General Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan.
·         Financial Manajer
Mengonrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan usaha keuangan perusahaan, dan dapat mengatasi semua keuangan.
·         Production Manajer
Dapat bertanggung jawab terhadap produk dan menginofasikan produk yang akan dijual belikan.
·         Marketing Manajer
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media.


BAB III
Modal
Sebagai sumber awal mula pendirian Distro yaitu dari pemilik distro sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
Adapun dana yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
-          Pembelian Kios                                              Rp. 45.000.000,-
-          Perlengkapan dan peralatan toko                    Rp. 55.000.000,-
-          Bahan Produksi                                              Rp. 25.000.000,-
-          Dan lain-lain                                                   Rp. 35.000.000,-  +
           Total                                                               Rp. 160.000.000,-

Penentuan Harga Jual
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya saya tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.

No.
Jenis Produk
Harga
1
Kemeja
> Rp.   89.000,-
2
Kaos
> Rp.   90.000,-
3
Jeans
> Rp. 180.900,-
4
Gaun
> Rp. 235.800,-
5
Kerudung
> Rp.   69.900,-
6
Rok
> Rp. 109.900,-
7
Jaket
> Rp. 199.900,-
8
Aksesoris
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-

Sumber Daya Manusia
Sehubungan dengan jenis usaha yang kami jalani tergolong usaha yang rumit, yaitu membuat inovasi dan kreasi melalui design pakaian maka Cloopy Distro akan menambah tenaga kerja yang mempunyai keahlian sesuai dengan bidang yang dibutuhkan.
Pemasaran
Strategi pemasaran yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
·         Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
·         Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
·         Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro


BAB IV

Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
·         Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
·         Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
·         Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
·         Menjual produk yang berkualitas
Weaknes (Kelemahan)
·         Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
·         Berubahnya kondisi perekonomian
Oportunity (Peluang) : Dengan tetap menjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin saya dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
Threaty (Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.

BAB V
KESIMPULAN

Dalam pembuatan perencanaan bisnis toko baju (distro) harus memperhatikan hal-hal penting. Sebelum membuat perencanaan bisnis toko baju (distro) harus terlebih dahulu menganalisa kondisi lingkungan bisnis antara lain yaitu lingkungan ekonomi, lingkungan industri, lingkungan global karena dengan mengetahui kondisi dari lingkungan, kita dapat mengetahui kelebihan, kekurangan, kesempatan, maupun hambatan dari usaha yang akan kita bangun.
Setelah kita mengetahui kondisi lingkungan, kita harus membuat rencana manajemen yaitu merancang struktur organisasi, menentukan proses produksi serta membuat perencanaan mengenai pengelolaan pegawai. Karena dengan perencanaan manajemen, perusahaan dapat menentukan job description para pegawai demi terciptanya keefektifan dan keefisienan lingkungan kerja.

Tidak kalah penting dengan pembuatan rencana manajemen, pembuatan rencana pemasaran pun menjadi salah satu faktor penting yang dibutuhkan dalam melakukan perencanaan bisnis toko baju (distro). Hal terakhir yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan keuangan karena banyak sekali perusahaan yang gulung tikar akibat tidak membuat perencanaan keuangan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar